search materi di blog ini

pemisahan zat



PERUBAHAN MATERI
           
            Perubahan materi adalah perubahan yang terjadi pada wujud, penampilan fisik atau bahkan perubahan yang terjadi  pada  identitas dasar  dari suatu materi sehingga terbentuk materi lain. Faktor untama yang menyebabkan terjadinya perubahan materi adalah energi. Pada saat materi mengalami perubahan menjadi materi lain maka selalu disertai dengan perubahan energi. jika selama perubahan materi  membebaskan kalor dari sistem ke kelingkungan maka disebut dengan eksoterm. sedangkan perubahan materi  yang menyerap kalor dari lingkungan ke sistem adalah endoterm.
            Perubahan materi dapat dibedakan menjadi dua yaitu :
a.       Perubahan kimia
Perubahan kimia adalah perubahan yang terjadi pada identitas dasar (sifat kimia) dari suatu materi yang mengakibatkan terbentuknya materi lain atau materi baru. karena perubahan kimia terjadi pada identitas dasar materi atau pada sifat kimia dari materi asal maka materi baru yang terbentuk memiliki sifat kimia atau identitas dasar yang bebrbeda dengan materi asal, sehingga materi baru yang terbentuk berbeda dengan materi semula.
Contoh :
a)      Perkaratan pada logam
Sebagai contoh sepotong besi yang dibiarkan dalam kkeadaan lembab dank arena reaksi udara beberapa waktu kemudian akan timbul karat yang merupakan materi baru hasil reaksi.
b)      Pembakaran
Pembakaran akan menyebabkan terjadinya perubahan kimia pada suatu materi, misalnya kayu yang dibakar setelah proses pembakaran akan terbentuk abu kayu dimana abu merupakan materi baru yang terbentuk.
c)      Pelapukan
Sebagai contoh yaitu pelapukan yang terjadi pada kayu, dimana kayu yang melapuk akan membusuk dan menjadi tanah, materi hasil pelapukan ini sebagai materi baru (tanah) yang terbentuk dan memiliki sifat kimia yang berbeda dari materi asal (kayu).
b.      Perubahan Fisika
Perubahan fisika adalah perubahan pada wujud atau penampilan fisik (sifat fisik) dari suatu  materi tetapi identitas dasar (sifat kimia) dari materi tersebut masih tetap. Pada perubahan fisika tidak terbentuk materi baru karena sifat kimia masih tetap seperti semula tetapi perubahan fisika  hanya menyebabkan perubahan tasa pada materi tersebut. Pada perubahan fisika biasanya hanya disertai dengan perubahan energy yang kecil.
Contoh :
a)      Menguap  
Sebagai contoh adalah air yang dipanaskan akan berubah menjadi uap air.
b)      Membeku
Sebagaai contoh adalah air yang didinginkan hingga 00 C akan membeku menjadi es.
Dari kedua contoh diatas dapat disimpulkan bahwa perubahan materi secara fisika teurmasuk perubahan pada tingkat wujud materi seperti menguap, membeku, melarut, menghablur dsb.

0 Response to "pemisahan zat"

Posting Komentar